Perubahan Ruang Kelas dalam 100 Tahun Terakhir

Posted on Jan 7 2016 - 3:45am by admin

Sama seperti tren kecantikan, tren musik, teknologi, dan lainnya, ruang kelas mengalami perubahan/evolusi dalam 100 tahun terakhir. Mulai dari kelas yang sangat sederhana hanya dengan bangku kursi dan papan hingga kini yang dilengkapi dengan berbagai gadget.

1

Pada awal abad ke-20, di Amerika, sekolah tidak mengenal berbagai kelas. Hanya ada satu kelas dan satu guru dalam sebuah sekolah. Sangat sederhana sekali. Bahkan di hari Minggu, sekolah tersebut digunakan sebagai gereja.

Di Indonesia, awal abad ke-20 merupakan saat-saat dimana rakyat biasa dapat mengecap bangku sekolah. Sebelum itu, sekolah hanya diperuntukkan untuk kaum borjuis saja.

3

Di Amerika, pada tahun 1930an, sekolah-sekolah mulai menggunakan proyektor yang bisa menayangkan film bisu. Dan segera pada tahun 1939, sekolah menggunakan televisi sebagai media pembelajaran.

6

Pada tahun 1950, penggunaan laboratorium bahasa sudah mulai dikenal. Headset pun digunakan di laboratorium bahasa untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa.

7

Tahun 1960, papan tulis hitam digantikan oleh papan tulis putih. Di Indonesia, pergantian dari papan tulis hitam ke papan tulis putih agak lambat.

9

Tahun 1967, muncul kalkulator yang kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Ini memudahkan guru dan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika.

11

Kemudian pada tahun 1972, scanner LJK mulai dikenal dan digunakan untuk mengoreksi hasil ujian.

13

Sejak tahun 1984, computer mulai digunakan di sekolah (tentunya di Amerika). Walaupun saat itu penggunaannya belum merebak, namun sekolah sudah mulai menggunakannya sebagai media pembelajaran.

14

1988, tidak lama setelah penggunaan computer, laptop mulai diperkenalkan di sekolah-sekolah. Tentu saja, saat itu ukuran laptop tidak sekcil saat ini.

15

Pada tahun 1990an. CD sudah mulai dikenal sebagai alat penyimpanan yang praktis. Penggunaan disket digantikan oleh CD.

16

Jika di Indonesia, smartboard baru dikenal saat ini, di Amerika smartboard sudah digunakan sejak tahun 1991 walaupun saat itu fiturnya tidak secanggih saat ini.

17

Penggunaan internet sebagai media pembelajaran sudah berlaku di Amerika sejak tahun 2002. Saat itu, di Indonesia, penggunaan internet masih ‘mewah’ sehingga tidak semua sekolah dapat menggunakannya.

18

Tahun 2012, beberapa sekolah di Amerika Serikat menggunakan iPad untuk membantu siswa dalam mencari data, menyimpan e-book, menyalin materi, dan sebagainya. Pada tahun itu, tercatat ada 1,5 juta iPad yang digunakan di sekolah-sekolah.

19

Sejak itu, penggunaan iPad atau tablet sebagai media pembelajaran merebak tidak hanya di Amerika, namun juga di seluruh dunia. Di Indonesia, beberapa sekolah juga sudah mulai menggunakan tablet. Namun tentu saja, tablet tersebut tidak akan membantu banyak jika tidak dilengkapi dengan aplikasi yang mendukung pembelajaran.

Leave A Response